Kamis, 16 September 2010

Bahan Dasar Membuat Bros


Banyak email yang masuk ke saya, menanyakan "Bahan Dasar Membuat Bros" berikut ini saya coba tulis, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Sarangan
Pada umumnya bahan utama untuk membuat bross adalah sarangan. Ada beberapa jenis yang beredar di pasaran. Ada yang sudah di lapisi stainless steel, jadi bahannya tidak mudah karat, ada juga yang terbuat dari alumunium dan dalam berbagai ukuran.

Peniti
Yang juga tidak kalah pentingnya adalah Peniti, karena peniti berfungsi sebagai pengait bross pada media kerudung, baju, dll. Sama hal nya dengan sarangan, peniti terdiri dari beberapa jenis dan ukuran.

Kawat
Untuk membuat bross umumnya memakai kawat. Ada beberapa ukuran yang bisa di gunakan dalam merangkai bross, mulai 0.3mm dan 0.4mm tergantung besar batu/bead yang di gunakan.

Rantai
Penggunaan rantai pada bross tidaklah wajib, tergantung model bross yang akan di buat. Banyak sekali jenis rantai yang di jual di pasaran, mulai dari yang berbahan dasar metal hingga yang menggunakan material mahal. Warnapun sangat  beragam, ada emas, hitam, perak, tembaga dan coklat.

Senar
Untuk beberapa manikers yang menggunakan senar untuk merangkai bross, jadi ini optional juga, tergantung jenis bros yang akan di buat. Ukuran yang di jual pun sangat beragam, disesuaikan saja dengan besar kecilnya materal batu/bead yang di pakai.

Paku
Jarum atau paku buntu di pakai bila anda akan membuat rangkaian tunggal. Jarum ini mempunyai ujung tang buntu sehingga mampu menahan batu/bead yang akan di rangkai.

Material utama lainnya:

* Batu alam  dan segala jenis beads, sesuai dengan jenis bros yang akan di buat.
* Wire cutter untuk memotong ujung paku atau wire
* Lem Tembak, bila perlu merekatkan sarangan + peniti (biasa di pakai bila sarangan bros nya tidak mempunyai kaitan.


Sumber: Buku 'Cantik & Gaya dengan Bros' By: Oky Mia Octaviany


Amazone Recommended "Beading Books":
1. Making Beautiful Bead and Wire Jewelry